Sabtu, 12 Januari 2013

Hardisk Eksternal Buatan Tangan

Media penyimpanan merupakan hal yang amat penting dalam dunia komputer. Jenisnya pun bermacam-macam : Internal Hardisk, Usb Flashdisk, External Hardisk, dsb. Tak jarang kita memerlukan slot ekstra dalam media penyimpanan ini, dikarenakan media penyimpanan yang disediakan tidak memenuhi kebutuhan kita. Media penyimpanan yang lagi booming, ataupun yang sesuai dengan keadaan saat ini adalah Eksternal Hardisk. Karena disamping memiliki kapasitas yang mencukupi, device ini mudah dibawa kemana saja. 
Disamping kelebihannya, ada juga kelemahannya yaitu harganya yang cukup mahal.

Melalui tulisan ini, om jack akan memberikan tutorial bagaimana membuat hardisk eksternal, menggunakan hardisk internal. Sebenarnya ini trik lama, tapi berhubung om jack baru mencobanya, om jack akan memberikan tutornya kepada reader sekalian.

bahan yang dibutuhkan :
  • Hardisk internal : ini wajib ya, kalau tidak ada bagaimana bisa bikin hardisk eksternalnya hehehe
  • kabel konverter sata to usb : nama kerennya USB 2.0 TO SATA IDE CABLE. Fungsinya sebagai konverter slot IDE SATA menjadi USB.
  • Adapter : ini tak kalah penting, karena hardisk internal memerlukan daya untuk memutar piringan yang ada didalamnya. Tipenya di sesuaikan dengan slot adapter hardisknya.
  • Casing : ini bersifat Optional sebagai casing dari hardisk internal kita.
nah setelah semuanya sudah ada, tinggal di rangkai aja komponen-komponennya seperti ini :


tadaaaaaa..... hardisk internal kamu sudah disulap menjadi hardisk eksternal hehehe
muadahkan? selamat mencoba ya reader... do it with your own risk hehehe


- Jack O Reaper -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar