Rabu, 20 Juni 2012

Paragraf Induktif & Deduktif


  • Paragraf Induktif
Paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa-peristiwa yang khusus, untuk menuju kepada kesimpulan umum, yang mencakup semua peristiwa khusus di atas.

Contoh Paragraf Induktif :

"Mungkin anda semua pernah mendengar atau mengetahui tentang Manchester City. Klub sepakbola asal Inggris ini memiliki pemain yang mempunyai skill yang diatas rata-rata.Permainan yang atraktif membuat semua pecinta sepakbola diseluruh dunia ingin menyaksikan pertandingan klub ini. Ditambah dengan determinasi permainan yang sangat bagus, dan juga mental juara para pemainnya. Satu hal lagi yang membuat mengapa klub ini begitu disegani oleh klub-klub lain adalah kejeniusan sang pelatih dalam meramu taktik permainan. Ialah Roberto mancini, pelatih bertangan dingin dan bermental juara untuk menahkodai klub ini, sehingga mampu meraih Trophy Liga Inggris musim lalu. Itulah mengapa klub bernama Manchester City sangat disegani oleh klub-klub lain di dunia."

  • Paragraf Deduktif
Paragraf yang dimulai dengan mengemukakan persoalan pokok atau kalimat topik kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas.

Contoh Paragraf Deduktif :

"Manchester City merebut gelar juara liga Inggris untuk pertama kali dalam 44 tahun setelah menundukkan Queen Park Rangers 3-2 pada perpanjangan waktu dalam musim pertandingan paling seru. Sergio Aguero mencetak gol kemenangan pada perpanjangan waktu, beberapa detik setelah Manchester United menundukkan Sunderland 1-0. Manchester City mencatat kemenangan dengan angka yang sama 89 poin namun United jauh tertinggal dalam perbedaan gol."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar