Selasa, 15 Januari 2013

Computer Network : Jaringan Komputer




 Jaringan komputer adalah kumpulan dari sejumlah perangkat berupa komputer, hub, switch, router, atau perangkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media komunikasi tertentu (Wagito, 2005). Perangkat yang terhubung dengan jaringan disebut juga sebagai node. Hal ini memungkinkan pengguna dapat bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan menggunakan sumber daya jaringan (hardware dan software) ada. 

Pengertian Jaringan komputer 2 300x222 Pengertian Jaringan komputer  
Gambar  Jaringan komputer

Sebuah jaringan komputer biasanya terdiri dari 2 buah komputer atau lebih dan melakukan data sharing antar komputer. Informasi dan data bergerak melalui media komunikasi. Media komunikasi yang dipakai dalam membuat jaringan komputer antara lain adalah kabel, jaringan telepon, gelombang radio, satelit, bluetooth atau infra merah. Pemakaian media komunikasi ini akan tergantung pada kegunaan dan ukuran jaringan.

Jenis Jaringan Komputer
         Dalam Jaringan dapat dikelompokan menjadi lima bagian, yaitu : Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), Internet  dan Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)
1  Local Area Network (LAN)
         Local Area  Network (LAN), merupakan jaringan milik personal atau pribadi di dalam sebuah jaringan gedung tersebut atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan Komputer – komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik yang memakai bersama sumber daya (resurce, seperti Printer,Scaner) dan melakukan share atau pertukaran informasi.

 
 
Gambar Jaringan LAN
2  Metropolitan Area Network (MAN)
         Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan pemprosesan seperti LAN. MAN juga mencangkup kantor dan perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan personalan (pribadi) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televise kabel dengan signal.


 
                              Gambar Jaringan MAN

2.2.3  Wide Area Network (WAN)
         Wide Area Network (WAN), jaringan ini jangkauannya mencangkup lebih jauh dari LAN maupun MAN dengan geografis yang lebih luas, dapat mengenai sebuah Negara ataupun benua berdasarkan letak geografisnya. WAN terdiri dari sekumpulan mesin – mesin yang bertujuan untuk menjalankan program – program Client.


Gambar  Jaringan WAN
2.2.4  Internet
         Internet adalah jaringan untuk satu dunia artinya jaringan ini paling luas dari pada jaringan sebelumnya akan tetapi bila ingin melakukan jaringan ini membutuhkan suatu gateway, gateway yakini bagian yang melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, dan melakukan suatu kumpulan yang terkoneksikan dan inilah disebut gateway.

2.2.5.  Jaringan Tanpa Kabel
         Jaringan tanpa kabel merupakan jaringan solusi terhadap suatu komunikasi yang tidak biasa dilakukan jaringan dengan menggunakan kabel. Misalnya Komputer berjenis laptop ingin mendapatkan informasi yang dibutuhkan  akan tetapi komputer ini berada di dalam kendaraan seperti mobil atau pesawat , secara tidak mungkinkan membuatnya di kendaran tersebut maka jaringan tanpa kabel tersebut menggunakan jasa satelit dan yang mungkin juga memberikan daya akses yang lebih cepat dibandingan jaringan yang menggunakan kabel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar